-->

Berita Berimbang Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 16 Maret 2017

Ketika Egomu Terluka, Bersabarlah Wahai Hati

Ketika Egomu Terluka, Bersabarlah Wahai Hati
Ketika Egomu Terluka, Bersabarlah Wahai Hati
Ilustrasi I:
Seorang wanita, yang notabene sejak kecil sudah diajari untuk mandiri (bukan princes) dan selama sekolah menjadi siswa berprestasi dan lulusan terbaik (cumlaude), merasa harga dirinya terluka ketika dia dianggap tidak selevel dengan suaminya oleh beberapa oknum.
 
"Kamu beruntung, lhoh,"
"Suamimu itu ngenakin kamu,"
"Dulu kan Fulan mau diambil mantu presiden, tapi dianya gak mau dan milih kamu,"
"Bersyukurlah menikah dengan suamimu,"
 
Bukannya dia kufur nikmat. Toh, sejatinya dia memang bahagia menikah dengan laki-laki yang sangat mencintainya dan bertanggung jawab. Tapi apa perlu kalimat itu ditujukan padanya terus menerus seperti berdzikir?
 
Sebagai wanita normal yang masih dalam proses ingin jadi lebih baik, tentu kalimat seperti itu sebenarnya sangat menusuk hati. Terlebih ketika ia teringat pernah diterima tanpa tes di sebuah perusahaan internasional karena menjadi lulusan terbaik, tapi tidak ia masuki karena suaminya melarang. Sang suami lebih ridho dia di rumah dan berkarya dari situ dan dia pun enggak mempermasalahkannya.
 
Ego yang terluka dan harga diri yang tersakiti sangat sulit untuk kembali, apalagi jika tidak pernah memulai lebih dulu. Apa dia dianggap sampah yang dipungut, itu sebabnya selalu dibilang beruntung, beruntung dan beruntung. Andai saja Rasulullah masih hidup, ingin sekali wanita itu menangis dan mengadu pada Kanjeng Nabi.
 
 
Ilustrasi II:
 
Seorang wanita yang bekerja di sebuah instansi merasa sudah mengorbankan segalanya dan berbuat apa saja, tapi yang ia terima adalah sebaliknya. Ketika dibutuhkan, dibaiki. Ketika sudah tidak dibutuhkan, dibuang. Entah karena dia yang terlalu lugu apa gimana, yang jelas dia selalu diperalat. Habis manis sepah dibuang. Padahal, wanita ini sangat pintar dan menjunjung tinggi prinsip kerja dari hati, bukan cari muka.
 
Sahabat Ummi, selain dua contoh ilustrasi di atas masih banyak ilustrasi lain yang bisa kita temukan sendiri di dunia nyata yang pada intinya sama: ego kita terluka karena ulah pihak ketiga.
 
Bukan bermaksud mencari pembenaran, tapi sebenarnya adalah wajar jika sebagai manusia biasa kita sempat atau pernah terbersit perasaan semacam itu, "Udah melakukan banyak hal, tapi kok gak dihargai ya,"
 
That's why, kita perlu banyak bermuhasabah dan energi fitrah kebaikan kita tetap terjaga.
 
Mari kita renungkan sejenak, Sahabat Ummi.
 
 
1. Manusia adalah makhluk yang berpotensi suka ingkar
 
Sudah dijelaskan dalam salah satu ayat Al-Qur'an bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk yang berpotensi suka mengingkari nikmat. Jika sama Allah saja kufur, apalagi cuma sama makhluk Allah. Dengan mengingat ini, ego kita akan melemah dan justru kitalah yang berusaha ingin memperbaiki diri agar tidak termasuk manusia yang ingkar.
 
2. Mari ingat kisah para nabi
 
Siapa nabi yang tidak pernah menderita? Tidak ada. Nabi Muhammad, Nabi Ayyub, Nabi Yusuf, Nabi Ibrahim, dan semua nabi mendapatkan cobaan yang jaaauuuh di atas kita, tidak bisa dinalar. Sanggupkah kita diberi penyakit dan kehilangan segalanya seperti Nabi Ayyub? Sanggupkah kita berpisah jarak yang saangaatt jauhh dan tidak bisa berkomunikasi seperti Nabi Ibrahim? Sanggupkah kita difitnah lalu dipenjara seperti Nabi Yusuf? Ternyata, apa yang menimpa kita memang belum seberapa dan kita pun memang tidak sanggup jika ditimpa cobaan yang sama.
 
3. Mari ingat kisah para pahlawan
 
"Bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawannya,"
 
Jika tidak ada mereka, bisakah kita merdeka? Tidak. Sayangnya, banyak generasi muda yang tidak menghargai pahlawan yang jelas-jelas mengorbankan nyawa. Bahkan kenal saja enggan. Astaghfirullah.
 
4. Ego yang tinggi cerminan hati masih sombong walau terselubung
 
Ego yang tinggi sejatinya karena merasa tinggi. Na'udzubillah. 
 
5. Diam bukan berarti pasrah
 
Diam saat disakiti bukan berarti pasrah, tapi memang tidak ada gunanya kita balas. Apa bedanya. Kita adalah apa yang kita katakan. Kalau sahut-sahutan atau saling membalas terus apa bedanya? 
 
Sahabat Ummi, Allah tidak pernah tidur. Kita pasrahkan saja kepada-Nya. Semoga kita bisa, ya. Jadikan momen sakit hati untuk "balas dendam" dengan cara menjadi pribadi lebih baik lagi, pribadi mandiri, dan dekat dengan-Nya. Aamiin.
 
 
Penulis:
Miyosi Ariefiansyah alias @miyosimiyo penghuni www(dot)rumahmiyosi(dot)com adalah istri, ibu, penulis, & pembelajar.

 
auto insurance,Structured settlements,Mesothelioma,Acne,Life Insurance,Death Insurance,Bextra,Asbestos,Car Insurance,Dental Plans,Private Jets,Debt Consolidation,Credit Cards,Rewards Cards,Equity Loans,Equity Line Credit,Loans,Mortgages,Pay Day Loans,Cash Advance,Bankruptcy,Reduce Debt,Refinance,Jet Charter,Vioxx,Wrongful death,Legal Advice,Taxes,Investing,Bonds,Online Trading,IRA Rollover,Refinance Quotes,Adult Education,Distance Learning,Alcohol Treatment,Rehab,Drug Rehab,Spyware,Cell Phone Plans,Calling Cards,VOIP,Weight Loss,Canadian Pharmacy,Depression,Spam Filter,Lasik,Facelift,Teeth Whitening,Annuity,Anti Virus Protection,Adult Diaper,Free Credit Report,Credit Score,Satellite,Anti Spam Software,Dedicated Hosting,Domain Name,Need Money,Bachelor Degree,Master Degree,Doctorate Degree,Work at Home,Quick Book,Extra Money,Eloan,Malpractice Lawyer,Lenox China,Cancer,Payperclick,Personal Injury Attorney,Lexington Law,Video Conferencing,Transfer Money,Windstar Cruise,Casinos Online,Term Life,Online Banking,Borrow Money,Low Interest Credit Cards,Personal Domain Name,Cellular Phone Rental,Internet Broker,Trans Union,Cheap Hosting,University Degrees Online,Online Marketing,Consolidate,Helpdesk Software,Web Host,Homeowner’s Insurance,Yellow Page Advertising,Travel Insurance,Register Domain,Credit Counseling,Email Hosting,Business Credit,Consumer Credit,Blue Cross,Laptop Computer , auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings